Mengatasi log merah pada mikrotik

Ketika mikrotik yang di pakai kita sedang ada yang berusaha masuk atau ada yang sedang berusaha  meremot masuk dari jarak jauh oleh orang laing, maka di menu log akan menyimpan data yang berusaha masuk login failure for user root melalui telnet atau ssh seperti gambar di bawah ini misalnya di menu log mikrotik.




agar mikrotik kita aman tanpa ada log seperti gambar di atas, kita bisa mengatasinya dengan cara mematikan atau mendisable melalui menu IP>Services. di list tersebut kita bisa mendisable port ssh dan port telnet.usahakan agar bisa mengatur waktu dan jam juga di mikrotik dengan cara ke menu System>SNTP Client. kita buat lalu isikan primary NTP Server dan Secondary NTP Server dengan 0.id.pool.ntp.org seperti gambar di bwah ini atau isikan dengan IP DNS seperti ini



111.92.175.248
130.54.208.201



kita apply kemudian OK.Lalu kita beralih ke menu System>Clock. samakan dengan jam saat ini dengan time zone jakarart. apply dan ok. selesai. oke itu saja cara saya untuk mengamankan mikrotik yang sedang di pakai oleh kita. semoga panduan singkat ini sangat bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung di blog berbagi ini.

Post a Comment

0 Comments