Melihat Pengguna Wifi Di Mikrotik


 Hai semuanya. kali ini mimin mau berbagi mengenai cara bagaimana melihat pengguna atau user wifi yang aktif di mikrotik. di analytic ternyata dengan kata kunci yang di butuhkan sangat banyak. untuk itu di blog ini akan mimin buat artikelnya. khusus bagi yang baru mengenal dunia jaringan internet menggunakan mikrotik, mimin sarankan lebih banyak lagi membacanya di bagian tag MIKROTIK. karena mimin berhubungan belajarnya otodidak juga, maka mimin untuk menjelaskannya sangat sederhana saja di artikel ini yang sesuai kemampuan dan sesuai pengalaman mimin selama belajar dan mengenal mikrotik.




mimin pastikan di artikel ini anda sudah mengerti dasar mikrotiknya agar tidak gagal paham. kita langsung saja ke topiknya. untuk mengetahui user atau pengguna wifi di mikrotik itu banyak. tergantung cara anda mengkonfigurasikan bagaimana cara membuat koneksi internetnya di mikrotik. ada cara dengan menggunakan wifi serta pin untuk mengautentikasinya atau menggunakan hotspot dengan vouchernya. kita mulai dari hanya wifi saja di mikrotik yang menggunakan pin untuk masuk ke jaringannya.




pengguna wifi di mikrotik user yang sedang aktif menggunakan pin bisa anda lihat di bagian menu IP > DHCP SERVER > LEASES. di list tersebut anda bisa melihat MAC ADDRESS dan juga nama perangkatnya beserta nomor IP yang di gunakannya. bisa juga anda lihat di bagian menu INTERFACE > INTERFACE LIST > WIRELESS. di menu tersebut anda bisa klik kanan kemudian pilih TORCH lalu tekan start. di situ anda bisa melihat aktivitas pengguna wifi yang terkoneksi ke internet dengan kecepatan download dan uploadnya.anda juga bisa melihatnya di bagian menu WIRELESS > WIRELESS TABLE > ACCESS LIST dan di bagian tab REGISTRATION dan juga di bagian CONNEST LIST.

nah di atas mimin menjelaskan di bagian wifi yang menggunakan pin saja. untuk cara melihat pengguna atau user yang aktif hotspot beda lagi dengan penjelasan mimin di atas. untuk khusus pengguna hotspot mimin akan jelaskan juga disini. mimin pastikan di bagian ini anda sudah bisa menkonfigurasikan hotspotnya ya. mimin hanya menjelaskan yang anda butuhkan saja. untuk artikel yang terkait dengan mikrotik anda bisa baca - baca selanjutnya di tag mikrotik, hotspot, wifi dan wireless.

oke kita lanjut ke bagian user hotspot yang aktif. untuk pengguna hotspot. anda bisa melihatnya di bagian menu aktif. IP > HOTSPOT > ACTIVE / HOST / DHCP LEASES dan juga di bagian menu LOG. selebihnya sama saja seperti penjelasan di atas. gimana penjelasanya?... apakah kurang di mengerti?... silahkan tinggalkan komentar di kolom komen yang sudah tersedia. semoga artikel ini bisa membantu anda. terimkasih sudah berkinjung di blog ini.

Post a Comment

0 Comments