User Profile Hotspot Mikrotik

User Profile Hotspot merupakan bagian untuk mengatur rentang waktu login user dalam keadaan stanby dan untuk mengelola waktu user terakhir login. fungsi lain diantaranya untuk mengatur jalur IP pool address jaringan hotspot, waktu stanby, status refresh, jumlah perangkat pengguna untuk  dishare, batasan pengguna bandwith, mengatur proxy dan pengiklanan.
Gambar Nama Paket Group Member Hotspot
gambar diatas akan saya jelaskan satu persatu di tiap kolom dan fungsinya agar saya bisa mencatat pengalaman saya sendiri mengenai ini disini.mulai dari kolom:

NAME:berikan nama user profile ini agar bisa menentukan pilihan kelebihan paket yang di berikan ke user hotspot kita untuk jalur login dengan PAKET A,B,C dan D.misalnya kita beri nama PAKET 5 hari,PAKET 10 hari,PAKET 15 Hari dan seterusnya.jika user memilih paket 5 hari,kita berikan kekurangan dan kelebihannya pada User Profile tersebut dengan Idle yang berbeda dari tiap paket masing-masing 
Gambar Paket Hotspot User

contoh gambar diatas misalnya.kita berikan season timeout dengan durasi 2 menit yang artinya jaringan tetap terkoneksi akan tetapi user setiap 2 menit harus login lagi dan hanya dalam waktu stanby 2 menit keepalivenya terputus atau hilang icon wifi di smartphonenya dari jaringan hotspot tersebut dan kemudian harus mengkoneksikan ulang lagi pada jaringan hotspotnya di bagian pengaturan wifi.

ADDRESS POOL:
jika kita membuat 2 perangkat hotspot dalam satu mesin mikrotik,biarkan saja di kolom tersebut di "NONE" kan saja begitu juga sebaliknya.jika kita memiliki 1 perangkat hotspot,gunakan 1 pool alamat IP address saja.

SESSION TIMEOUT:
bagian ini untuk menentukan hitungan user terakhir kalinya logout atau bisa juga selama user aktive,hitungan ini akan di hitung setiap kali dalam hitungan 1 detik selama stanby.misalnya kita set ke durasi hitungan 00:00:10 yang artinya user di hitung setiap 10 detik terakhir menggunakannya.

IDLE TIMEOUT:
pada bagian Idle ini yang artinya untuk mengatur user kapan harus kembali login/masuk lagi.dalam hitungan yang sudah di tentukan akan otomatis user logout sendiri.misalnya kita atur ke 5 menit dengan format 00:05:00 maka user akan logout otomatis.untuk format 1d 00:00:00 yang berarti user akan keluar otomatis sendiri dalam hitungan 1 hari.ini fungsinya di kolom idle.

KEEPALIVE TIMEOUT:
pada kolom bagian ini untuk mengatur berapa lama user stanby di jaringan hotspot.misal kita set waktunya ke 00:10:00,maka user akan stanby selama 10 menit saja dan kemudian harus memaksa user kembali login lagi ke halaman login hotspot.
Gambar Halaman Users Login Hotspot Mikrotik Keren

STATUS AUTOREFRESH:
memungkinkan waktu refresh dalam 1 detik atau 1 menit saja ketika pada saat user melihat status pemakaianya di halaman status.

SHARED USERS:
Jika pelanggan menggunakan perangkat penerima hotspot lebih dari 1,di kolom ini kita bisa memberikan keinginan user jika menggunakan lebih dari 1 perangkat mac address.

RATE LIMIT Rx/Tx:
di kolom ini sebagai management bandwith. yang mana user hotspot kita bisa di batasi maximal banwidth limitnya dengan penerapan 512k/1m agar user tidak melebihi dari 1 Mega saja banwidthnya.

TRANSPARENT PROXY:
jika kita menggunakan proxy tertentu untuk jaringan hotspot,maka di area ini kita centang.kalau tidak menggunakan proxy biarkan saja jangan kita centang.

penjelasan di atas,apa yang saya sebutkan tidak perlu menggunakan kolom yang tidak saya sebutkan.berarti kolom yang tidak saya sebutkan jangan kita pakai.sebab ilmu yang saya pelajari belum sampai kesitu.jadi maaf dengan kolom yang tidak saya sebutkan di atas.kita lanjut ke tab berikutnya yang masih berkaitan dengan User Profiles pada hotspot.

ADVERTISE:
kita beralih ke tab advertise,pada kolom ini kita bisa mengiklankan blog kita atau mempromosikan blog url kita.yang artinya ketika user tekan login kemudian sukses untuk masuk,fungsi kolom ini adalah popup pengiklanan yang nantinya akan kita alhikan ke blog kita setelah klik login berhasil masuk ke jaringan hotspot pada halaman login.
Gambar Advertise Hotspot Mikrotik Dengan Url Blog Yang Kita Inginkan
terapkan saja seperti gambar di atas,ubah dengan url blog yang akan kita masukan pada kolom tersebut.untuk tab script berikutnya,biarkan saja dengan system default dari halaman templati login saja.

oke hanya itu saja sedikit penjelasan dari saya mengenai tab User Profile Hotspot di Mikrotik.sekian dan terimakasih sudah mengunjungi blog yang satu ini.

Post a Comment

0 Comments