Limit Waktu User Hotspot Mikrotik


 Agar bisa membatasi waktu limit user pengguna hotspot, kali ini mimin akan berbagi lagi sesuai kata kunci yang menuju ke blog ini dan mimin akan menjelaskan juga format waktunya untuk 30 menit, 1 jam, 1 hari, 2 hari dan juga 1 bulan. mimin pastikan di artikel ini sudah banyak membaca dan memahami tentang winbox dan juga mikrotiknya.
Users Limit

untuk membatasi limit waktu yang di gunakan oleh user hotspot, tentunya anda sudah bisa mengkonfigurasikan hotspotnya terlebih dahulu. jika sudah benar di tahapan pengaturan hotspotnya. anda bisa membuat vouchernya secara otomatis menggunakan Mikhmon. tapi jika anda secara manual untuk membuat vouchernya di bagian menu IP > Hotspot > Users, anda bisa membuat nama pelanggan sesuai yang user inginkan namanya. 

misalkan user atau pelanggan ingin di buatkan namanya secara manual dengan nama ARDI huruf balok semua, tinggal tambahkan saja di bagian tanda (+). huruf bisa saja menggunakan huruf balok semua, huruf kecil dan juga besar kecil di kolom name. setelah itu berikan password di kolom passwordnya. gunakan IP static di kolom Address jika anda harus menggunakan IP tertentu. kalau tidak di butuhkan, di bagian kolom address bisa anda abaikan atau kosongkan saja karena ip tersebut sudah menggunakan IP dinamik dari dhcp mikrotik.

jika anda ingin user tersebut hanya menggunakan 1 perangkat saja, misalkan smartphone, laptop atau komputer, isikan saja di kolom MAC Addressnya dengan nomor MAC laptop, android atau komputernya. setelah itu berikan Profiles tertentu untuk user tersebut yang hanya bisa di gunakan 1 share perangkat saja di bagian kolom Profiles. mimin pastikan anda sudah paham ya sampi sini di bagian tab general. setelah kolom tadi sudah terisi semua, kita ke tab selanjutnya.

di kolom limit, anda bisa memberikan batasan waktu limit usernya. nah di bagian tab ini yang bisa anda berikan limit waktunya. jika anda ingin memberikan limit saja, isikan pada bagian kolom Limit Uptimenya saja. seperti ini format waktu limitnya.

00:30:00 untuk 30 menit.
12:00:00 untuk 12 jam.
1d 00:00:00 untuk 1 hari atau 24 jam.
2d 00:00:00 untuk 2 hari atau 48 jam.
30d 00:00:00 untuk 30 hari

untuk yang menggunakan 1d dan 2d seterusnya, usahakan setelah 1d-2d-30d gunakan spasi. sampai sini anda paham ya. untuk menggunakan batas limit waktunya menggunakan seperti quota. berikan saja di kolom Limit Bytes dengan format 1G atau 100G misalnya. gunakan huruf G besar.

nah itu saja dulu teman-teman, sampai sini semoga anda sudah bisa memahaminya. untuk mengenai artikel tentang Mikrotik, Hotspot dan Wifi, anda bisa membacanya di laber tersebut. jika masih belum paham, mari berdiskusi di kolom komentar.

Post a Comment

0 Comments