Fungsi Host Dan Ip Bindings Hotspot Mikrotik


Fitur Mikrotik pada bagian hostpot ada banyak sekali yang perlu kita pelajari. termasuk fitur HOST dan fitur IP BINDINGS. fungsi dari menu masing-masing masih ada kaitan erat dengan pengguna jaringan internet hotspot yang akan kita gunakan. di artikel ini mimin akan berusaha menjelaskan semampunya saja yang sesuai pengalaman pribadi tentunya. apa sih fungsi dari host dan ip bindings?...
Fungsi Host Dan Ip Bindings Di Menu Hotspot Mikrotik

di bagian menu IP > Hotspot > Host, menu ini tentunya berfungsi untuk memperhatikan IP dan Mac Address routers atau perangkat pengguna yang sedang aktif dan yang sedang stanby tanpa akses internet juga. selain itu di bagian host ini bisa memperhatikan pengguna atau nama yang sedang aktif menggunakan IP Bindings langganan internet tanpa harus login melalui halaman login hotspot lagi serta tanpa harus memasukan kode voucher. anda juga bisa melihat besar kecilnya trafik bandwith akses internet pengguna hotspot. itulah fungsi host.



sedangkan fungsi IP BINDINGS, di menu IP > Hotspot > Ip Bindings, anda bisa melakukan pelanggan tersebut tanpa harus login ke jaringan internet hotspot anda lagi. untuk cara melakukannya, kenali dulu perangkat Mac Address router penggunanya terlebih dahulu di menu HOST agar bisa anda binding identitas mesin router mac address pelanggannya. dengan cara klik 2x di bagian menu HOST, lalu tekan Make Bindings.

pada kolom Mac Address, akan terisi otomatis Mac Addressnya. kemudian di kolom Address dan To Address, menurut mimin biar kosongkan saja. karena nanti IP yang di dapat akan otomatis dari DHCP secara random. pada kolom server, arahkan saja ke "all". untuk kolom yang terakhir di bagian Type, anda arahkan saja ke Baypassed agar pelanggan otomatis langsung bisa mengakses internet hotspot anda jika anda menggunakan tagihan bulanan. cukup berikan komentar saja di bagian Comment. misalnya tanggal sekian pelanggan yang bernama budi experied. setelah tanggal experied anda tentukan sendiri bagi pengguna tersebut, maka anda tinggal arahkan saja kolom Typenya ke Blocked atau Regular. anda juga bisa mendisabled nama yang ada di menu IP BINDINGS tersebut agar systemnya seperti pelanggan pada umumnya menggunakan voucher.

gimana masih kurang jelas?... mimin harap kita bisa berdiskusi di kolom komentar agar artikel ini tidak saling gagal paham. itu saja penjelasan tentang Host dan Ip Bindings untuk sementara. semoga artikel yang mimin buat ini ada manfaatnya. terimakasih sudah mengunjungi blog catatan mimin ini. silahkan anda bisa baca-baca juga pada label Mikrotik dan Hotspot.

Post a Comment

0 Comments